Tahun 2012: Tahun Pembinaan

· Tulisanku

Bagi anak-anak kampus, mereka bilang bahwa tahun 2012 adalah tahun pembinaan. Tahun dimana pembinaan menjadi titik pusat pergerakan. Dan, begitu pula dengan diriku.

Bagiku, tahun ini memang benar-benar tahun pembinaan. Setiap hari pembinaan. Dimanapun ada pembinaan. Pergi keluar kota pun dalam rangka pembinaan.

Bahkan, setiap pekan 3 orang pembina siap menghantamku dengan pembinaan ala mereka masing-masing. Mulai dari membicarakan diri sendiri, masyarakat, hingga dunia. 3 orang pembina setiap pekannya selalu siap memasukkan pemikiran, idealisme dan ilmu ke dalam diriku. 3 orang pembina yang berbeda, dengan teman2 satu kelompok yang berbeda, dan dengan bahasan yang berbeda pula.

Tahun pembinaan. Bukan berarti hanya menyerap ilmu yang diberikan. Kalau seperti itu, apa bedanya kita dengan flashdisk? atau sekalian saja hardisk eksternal yang bisa menyimpan data hingga 1 terabyte. Kalau kita dibina hanya untuk mendapatkan ilmu, apa bedanya dengan alat-alat modern itu?

Tahun pembinaan. Bukan hanya kita mendatangi kelompok-kelompok pembinaan setiap pekan. Sehingga itu menjadi rutinitas kurang makna.

Tahun pembinaan. Tak cukup kita mengandalkan kelompok2 pembinaan itu. HP saja tak kuat bertahan satu pekan hanya satu kali charging. Terlebih HP itu sering dipakai. Habislah ia dalam satu hari. Bagaimana dengan kita?

Tahun pembinaan. Mengajarkan kita untuk terus membina diri di setiap tempat, setiap waktu. Agar ia terus terisi dan kuat untuk beraksi.

Tahun pembinaan. Itu artinya aksi kita lebih banyak dan nyata. Karena pembinaan menghasilkan aksi, tak hanya ilmu. Menghasilkan kontribusi, bukan saja materi. Doing something not only get something.

Tahun pembinaan. Ada hal-hal yang harus kita lakukan sebagai bukti bahwa kita sudah dibina. Ada perjuangan atas apa yang telah kita dapatkan. Ada tindakan yang membedakan kita dengan orang lain yang belum terbina.

Tahun pembinaan. Itu artinya kita menginspirasi banyak orang. Menggerakan banyak orang untuk lebih banyak belajar dan berbuat. Karena sejatinya pembinaan adalah membentuk pusat energi, membangkitkannya dan kemudian mengalirkannya ke segala penjuru. Sehingga setiap orang dapat merasakan kebermanfaatan dari orang-orang yang telah terbina. Ia adalah pusat energi yang setiap waktu memberikan aliran energi kepada mereka yang membutuhkan. Memberikan tenaga untuk kehidupan. Memberikan harapan bahwa di ujung perjalanan sana ada cahaya terang benderang.

Tahun pembinaan. Ya, tahun 2012 adalah tahun pembinaan.

Always Learning, Always Growing, Always Inspiring.

 

-08.27 WIB

Rumah Peradaban

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: