Seperti Elektron, Untuk Naik Level Butuh Energi

· Inspirasi dari Alam

Bertemu lagi dengan mekanika kuantum. Mata kuliah paling menyenangkan dan sangat filosofis. Lagi dan lagi, elektron memberikan begitu banyak inspirasi kepada kita. Makhluk ukuran femto ini telah memikat hati para ilmuwan untuk terus diteliti.

Dalam kajian atom Bohr, bahwa sebuah elektron dari mengabsorbsi maupun mengemisikan foton. Ada hal yang menarik, bahwa ternyata elektron memiliki level energi masing-masing. Jadi setiap elektron memiliki fungsi keadaan yang berbeda. Namun, ada perilaku yang sama antar elektron itu. Yaitu untuk naik ke level energi yang diatasnya, elektron memerlukan energi, dengan kata lain ia menyerap energi dari luar. Energi dari elektromagnetik eksternal yang diberikan kepadanya.

Dianalogikan kehidupan ini, bahwa untuk naik ke jenjang yang lebih tinggi, maka diperlukan energi dari luar. Anak SD yang mau masuk SMP, ia harus melewati sederetan ujian/tes masuk. Begitu pula dengan SMP yang ingin masuk SMA, atau bahkan SMA yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Semua ada tesnya. Dan untuk menyelesaikan tes ini dengan semaksimal mungkin, maka diperlukan juga energi yang maksimal. Layaknya elektron yang mengambil energi dari luar, energi yang menjadikan ia naik level. Dan bukan sembarang energi, setiap level ada nilainya masing-masing. Di sini, kita diajarkan untuk melayakkan diri. Saat ingin naik level, sudahkah kita memiliki energi yang dibutuhkan untuk melakukan hal itu? Jika kurang energinya, jangan harap untuk bisa naik ke level yang dituju.

Dan tahukah kamu?

Bahwa untuk mempertahankan posisi yang baru, apalagi yang naik tingkat, adalah hal yang cukup menantang. Seperti elektron yang dengan mudah akan kembali ke posisinya semula. Keadaan stabilnya. Tetapi untuk para pejuang, apakah ia akan selalu dalam kondisi nyaman?

Semoga ini menjadi tadzkirah bagi kita.

22.56

di Asrama peradaban

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: