The 21 Irrefutable Laws of Leadership

· Tulisanku

Belajar dari seorang John C Maxwell. Dari bukunya The 21 Irrefutable Laws of Leadership. Ada 21 hukum kepemimpinan yang tak bisa terelakkan. Seorang pemimpin mutlak harus memiliki poin2 di dalam hukum ini. Jika tidak, maka ia belumlah menjadi seorang pemimpin.

1. Hukum Katup: Kemampuan seseorang memimpin menentukkan tingkat keefektifan seseorang dalam mencapai tujuan. Semakin tinggi kemampuan ia dalam memimpin, maka akan semakin efektif tindakannya untuk mewujudkan visinya.

2. Hukum Pengaruh: Ukuran sejati dari kepemimpinan adalah pengaruh. Tak kurang dan tak lebih. Seberapa pengaruhnya ia, menentukan seberapa besar kemampuan ia dalam memimpin.

3. Hukum Proses: Kepemimpinan itu berkembang setiap hari, bukan hanya tercipta dalam satu hari. Maka belajarlah!

4. Hukum Navigasi: Siapapun dapat mengemudikan kapalnya, namun hanya navigatorlah yang menentukan arahnya. Pemimpin adalah ia yang punya pandangan jauh ke depan dan mampu mengarahkan perjalanan.

5. Hukum E.F Hutton: Jika pemimpin sejati berbicara, maka orang lain akan mendengarkannya. Apapun posisinya, ia akan didengar banyak orang.

6. Hukum Landasan yang Mantap: Kepercayaan adalah landasan dari kepemimpinan. Tanpa itu, maka robohlah kepemimpinannya.

7. Hukum Kehormatan. Orang dengan sendirinya mengikuti pemimpin-pemimpin yang lebih kuat darinya. Seperti magnet, sang pemimpin akan menarik orang di sekitarnya untuk mengikutinya.

8. Hukum Intuisi: Para pemimpin mengevaluasi segalanya dengan intuisi seorang pemimpin. Ia memiliki rasa yang tajam untuk mengambil keputusan. Rasa kepemimpinan, yang lahir dari pengalaman.

9. Hukum Daya Tarik: Siapa Anda sesungguhnya menentukan siapa yang akan tertarik pada Anda. Bagaimana mereka adalah bagaimana Anda.

10. Hukum Hubungan yang Baik: Seorang pemimpin akan terlebih dahulu menyentuh hati, baru meminta tolong. Ia memenuhi kewajiban baru meminta hak.

11. Hukum Lingkungan Sepergaulan: Potensi pemimpin ditentukan oleh mereka yang paling dekat dengannya. Karena pemimpin lebih banyak dilahirkan oleh pemimpin lain.

12. Hukum Pemberdayaan: Hanya pemimpin yang mapanlah yang memberikan kekuatan kepada orang lain untuk ikut berbuat. Ia tak berbuat sendiri. Tetapi memaksimalkan kekuatan di sekitar. Memberdayakan orang-orang yang di dekatnya.

13. Hukum Reproduksi: Dibutuhkan seorang pemimpin untuk mengangkat pemimpin yang lain.

14. Hukum Kepercayaan: Orang percaya dahulu kepada sang pemimpin, baru visinya. Jadi, tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang layak untuk dipercayai.

15. Hukum Kemenangan: Para pemimpin mencari jalan agar timnya menang. Pikirannya adalah Menang atau Menang.

16. Hukum Momentum Besar: Momentum adalah sahabat terbaik seorang pemimpin. Ia menjadi besar dengan memanfaatkan momentum yang datang.

17. Hukum Prioritas: Para pemimpin memahami bahwa kegiatan belum tentu berarti prestasi. Jadi ia memilih mana yang menjadi hal penting atu tidak.

18. Hukum Pengorbanan: Seorang pemimpin harus rela berkorban demi peningkatan. Ia adalah orang pertama yang merasakan kesulitan dan perjuangan.

19. Hukum Waktu yang Tepat: Kapan harus memimpin adalah sama pentingnya dengan apa yang harus diperbuat dan menuju kemana. Ia mengetahui itu.

20. Hukum Pertumbuhan yang Eksplosif: Untuk menambah pertumbuhan, pimpinlah para pengikut. Tetapi untuk melipatgandakannya, pimpinlah para pemimpin.

21. Hukum Warisan. Nilai langgeng seorang pemimpin diukur dari suksesinya. Sia pengganti setelahnya menggambarkan tingkat kepemimpinannya. Karena pemimpin mencetak pemimpin lain, bukan sekadar pengikut.

Kawan, sudahkah kita memenuhi hukum itu?

Mari kita evaluasi diri. Sudah layakkah kita untuk disebut pemimpin. Padahal, Rasulullah sudah mengingatkan bahwa setiap orang adalah pemimpin. Setidaknya bagi diri sendiri. Lalu, sudahkah kita?
Tetap semangat untuk belajar, bertumbuh dan menginspirasi..

-Always Learning, Always Growing, Always Inspiring…

08.14
-di Kamar Peradaban

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: