Tim Keuangan itu Bagaikan Sistem Respirasi

· Inspirasi dari Alam

Keuangan dan respirasi, apa hubungannya?

Kawan, kali ini kita akan membaca keuangan dengan narasi tubuh manusia. Lebih tepatnya sistem respirasi. 

Yup, sistem respirasi. Sebuah sistem yang mengatur pernapasan kita. Mulai dari menghirup oksigen, hingga mengeluarkannya dalam bentuk karbon dioksida. Nah, coba bayangkan, jika sistem respirasi kita terganggu, apa yang terjadi? Hmm.. Lebih simpelnya, coba kamu tahan nafas, tutup hidup dan mulutmu. Tahan berapa menitkah? Apa yang kamu rasakan? Sesak? Memerah? Sakit? Nah, apa yang pertama kali merasakan sakit itu?  Yang pasti organ pernapasan.  So, saat keuangan tak lancar, maka yang pertama kali merasakan sakitnya adalah tim keuangan, yang memang tugasnya mencari uang.

Jika kita ambil dalam suatu organisasi, maka sistem keuangan ini terdiri dari bendahara beserta tim danusnya. Kerjanya adalah mencari, mengelola dan mengeluarkan uang. Uang masuk diibaratkan sebagai oksigen. Oksigen yang nantinya akan tersebar ke seluruh tubuh, masuk ke sel dan membantu proses metabolisme tubuh.  Apa yang terjadi dalam tubuh kita jika kekurangan oksigen? Otak jika kekurangan oksigen akan melemah, plus jadi ngantuk, paru-paru kurang oksigen akan sesak, seluruh tubuh jika kekurangan oksigen akan menurun kinerjanya. Bahkan, kekurangan oksigen bisa menyebabkan kematian!

Yup. Sama halnya dengan sebuah organisasi. Kalau uang yang masuk sedikit atau mengalami kekurangan, maka yang terjadi adalah terganggunya program kerja yang telah dirancang. Tidak adanya dana masih menjadi masalah klasik dalam sebuah organisasi. Bahkan, organisasi itu bisa mati dan lenyap  jika kekurangan uang terjadi secara terus menerus. 

Tim keuangan dan sistem respirasi, adalah dua hal yang penting dalam tubuh. Tubuh organisasi dan tubuh manusia.

Itulah posisi keuangan dalam sebuah organisasi, Seperti respirasi  dalam tubuh manusia. 

Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari sekitar kita..🙂

 

22.22 WIB

di Kamar Peradaban

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: