Biarlah Aku yang Menanggungnya..

· Islam, Tulisanku

“Seonggok kemanusiaan terkapar. Siapa yang mengaku bertanggungjawab? Tak satu pun. Bila semua pihak menghindar biarlah saya menanggungnya, semua atau sebagiannya. Saya harus mengambil alih tanggung jawab ini dengan kesedihan yang sesungguhnya, seperti saya menangisinya saat pertama kali menginjakkan kaki di mata air peradaban modern, beberapa waktu yang silam…” (Ustadz Rahmat Abdullah)

Berat memang, saat amanah itu harus kita tanggung.

Seperti kutipan di atas, sangat mendalam..

Di saat seonggok kemanusiaan terkapar. Di saat ummat ini memanggil-manggil, membutuhkan pertolongan. Indonesia dengan segala kekayaan yang dimiliki, namun Allah memberikan ujian. Dengan segala permasalahan yang dihadapi kini, permasalahan ummat yang tak kunjung selesai. Apakah kita hanya bisa mengutuk? Membicarakan masalah sana-sini? Mencaci kegelapan? Maka, siapakah yang akan bertanggung jawab? Siapakah yang bertanggung jawab atas ummat ini? Kamu? Mereka? Kalian? Hmm.. Jika tidak ada yang mau bertanggung jawab, jika semua orang menghindar, jika semua asik dengan kegiatannnya,  maka biarlah aku yang menanggungnya, biarlah aku yang menyalakan pelita dalam kegelapan,  semua atau sebagiannya. Aku sadar, siapa aku. Dengan kekurangan yang masih ku muliki, dengan kemampuan yang masih sedikit, aku sadar. Aku yakin kemenangan itu pasti akan ada untuk kebenaran, dan aku tak mau saat kebenaran itu menang, tidak ada tangan ku yang ikut di sana. Akhirnya, dengan penuh rasa kesedihan aku mengambil alih tanggung jawab ini. Berat sekali rasanya. Memegang amanah langit yang harus ditunaikan di bumi..

Biarlah aku yang menanggungnya.. Akan ada Allah yang Maha Pemberi Pertolongan.. Dan ku yakin akan ada rekan-rekan ku yang siap membantu..

-dalam asrama peradaban, 10.54 WIB

Tinggalkan Balasan

