Start from Vision…

· Tulisanku

VISI, MIMPI dan TUJUAN..

Make Your Vision

Tiga hal yang terlihat sama saja maknanya. Dan benar saja, saat aku dan kawan-kawan bertanya kepada para peserta training, ternyata mereka menjawab bahwa visi adalah mimpi, apa yang mau dicapai, tujuan, dll.. Oke, let’s we check it..

VISI. Adalah sesuatu yang kita dapat rasakan seolah-olah terjadi, walaupun yang lain belum bisa melihatnya. Seperti halnya pendiri Walt Disney. Walaupun Walt Disney baru ada saat dia sudah meninggal, tetapi sejatinya, dia telah membuat Walt Disney-nya sendiri jauh sebelum orang lain melihatnya. Dia membuat itu dalam imaginasinya. Dahsyat!!!

Sedangkan MIMPI, adalah checklist. Checklist dari apa-apa yang kita inginkan. Semua yang kita inginkan menjadi checklist tersendiri. Namun, mimpi yang sebenarnya adalah apa yang tetap berada dalam list mu selama 41 hari berturut-turut. Cobalah melakukan percobaan selama 41 hari. Buat list mimpi setiap harinya selama 41 hari itu. Dan lihatnya apa yang tetap istiqomah berada di dalam sana. Itulah mimpi besar kita.

TUJUAN. adalah hasil dari apa yang kita usahakan. Target sebanding dengan apa yang kita dapatkan. Apa yang kita tuju. Inilah tiga hal yang menjadi hal yang paling dasar dalam merancang hidup kita.

Untuk mempercepat kehadiran mimpi kita menjadi nyata, ada beberapa hal yang harus dilakukan:

1. Memvisualisasikan mimpi. Bisa dengan menuliskannya, membuatkannya gambar yang jelas, dan menjadikan mimpi itu seolah2 nyata. Bisa aja buat tempelan daftar mimpi kemudian dipajang di kamar lengkap dengan gambar2nya. Sehingga setiap kali bangun tidur, kita akan melihat daftar mimpi kita, sehingga itu sudah menjadi bagian dari memori otak bawah sadar.

2. Ada alasan yang kuat. Mimpi akan cepat terwujud manakala ada alasan yang kuat kenapa kita harus mendapatkan mimpi itu. Ada  WHY yang kita pahami. Sehingga itu membuat kita bersemangat untuk menggapainya.Seperti halnya kita ingin mendapat uang 1 juta, tapi karena tidak punya alasan kenapa harus dapat uang 1 jt, atau ya,, buat senang2 aja, maka mimpi tersebut akan jauh dari kenyataan. Tapi kalau saat itu kita memang benar2 butuh uang 1jt untuk bayar kuliah dan jika tidak akan dikeluarkan dari kampus, maka mau ga mau tubuh pun akan ter push untuk mendapatkan 1jt itu.. Buat kondisi kritis dalam hidupmu.. Seperti yang dikatakan Bang Yo dalam Semesta Mendukung. Allah pun juga akan mengabulkan jika memang itu adalah hal yang benar2 kita butuhkan. Bukan sekadar keingian tanpa alasan.

3. Masukkan emosi di dalamnya. Maksud disini agar mimpi kita masuk ke dalam otak bawah sadar, sehingga usaha2 untuk menggapainya menjadi hal yang reflek dan mendarah daging dalam diri, dan kita pun akan selalu mengingat mimpi2 kita. Walau dalam keadaan futur, kita tetap bersemangat dalam menggapainya.

4. Sharing, berbagi dengan orang yang dipercaya mengenai mimpi2 kita, Saat kita sharing kepada yang lain, kita akan mendapatkan dukungan lebih dari orang2 disekitar kita, mungkin saja kita akan mendapatkan orang yang mimpinya sama, sehingga bisa mewujudkan mimpi itu bersama. Namun, harus berhati2, banyak pula orang2 yang akhirnya mencuri mimpi, dengan melemahkan kita dan menyepelekan mimpi kita. Kalau bertemu dengan orang yang seperti ini, jauhi saja dan jangan dipikirkan., tetaplah yakin dengan mimpi kita.

Ada lagi nih, kiat2 untuk perencanaan tujuan:

1. Harus realistis, boleh tinggi tapi lihat kondisi situasi juga ya..

2. Pecahkan tujuan menjadi 3 bagian; jangka pendek, menengah, dan panjang.

3. Tentukan waktu, kapan sih mau kita capai, agar jelas langkah kita

4. Setelah selesai satu tujuan, kejar tujuan selanjutnya.

5. Seperti halnya mimpi, tujuan juga sebaiknya ditulis dan divisualisasikan.

Dan tetap berdoa untuk VISI, MIMPI dan TUJUAN kita..

“Tanpa pondasi yang kuat, sebuah bangunan akan runtuh, begitu pula hidup kita..”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: