Belajar Sinergi dari Gelombang EM

· Inspirasi dari Alam

Hmm.. lagi2 ya belajar fisika. Beneran, semua yang terjadi di dunia ini identik, dan fisika pun telah menunjukkan bahwa ilmu ini berlaku untuk kehidupan. Seperti Harun Yahya, saya pun ingin belajar dari alam, dari fenomena-fenomena yang terjadi di dunia fisika. Kali ini akan kita akan membicarakan mengenai Gelombang EM (elekromagnetik).

Saya yakin kalian punya HP, (bener kan??)

Saya juga yakin kalian setiap hari pasti melihat sinar matahari..😀
Nah, itulah Gelombang EM. Gelombang transversal yang terdiri dari komponen Listrik dan Magnetik yang saling tegak lurus, dan gelombang ini dapat merambat tanpa medium. (Check it out..!)

Nah, lihat kan ada komponen arah x yang merupakan listik (E) dan komponen y yang merupakan magnet (B). Hal yang menakjubkan adalah keduanya bergetar ke arah yang berbeda, tapi bersinergi, merambat ke arah yang sama yaitu sumbu Z. Hingga dihasilkanlah gelombang EM yang dahsyat.

Ada yang namanya sinar x; gamma; infrared; cahaya tampak; ultraviolet; microwave; radar, itu adalah contoh2 gelombang EM. Kegunaannya? Jangan ditanya, HP yang selama ini kita adalah produk dari gelombang EM, lampu? Nah, itu EM juga.. Matahari yang memberikan cahaya agar kita bisa melihat? Itu juga produk EM.. Itulah teman2.. bagaimana hebatnya si EM dalam kehidupan kita. Bayangkan kalau listrik sendirian, ya paling2 buat listrik aja.. Magnet sendirian, ya buat magnet aja. Tapi, saat keduanya bersinergi, dapat membentuk suatu gelombang yang luar biasa. Gelombang EM.

Coba kita lihat lagi gelombang tersebut, hmm.. Walau berbeda arah getar, tetapi kedua komponen ini sefase, sefrekuensi, seirama. Saat gelombang listriknya maksimum, magnetnya juga maksimum, dan sebaliknya. Nah, inilah yang dimaksud dengan bersinergi, walau berbeda, kita bergerak bersama untuk tujuan bersama dan menghasilkan kekuatan yang unlimited.

Berbicara mengenai sinergi, jadi teringat kajian kemarin saat Sarasehan Pengurus OSIS SMA/K se-Jadebotabek di YOUTHCARE. Menurut penelitian, setiap orang mampu mengangkat beban dua kali massa badannya. Misalnya si A massanya 50 kg, maka ia mampu mengangkat beban sebesar 100 kg. Oleh karena itu tak heran para atlet angkat barbel mampu mengangkat beban yang begitu besar. itu namanya push the limit. Nah, kalau sinergi, dua orang mampu mengangkat beban unlimited jika dilakukan bersama. Dalam islam, shalat sendirian pahalanya 1. Tapi kalau berdua jadi 27 kali derajatnya. Wesss mantap kan..

Itulah, fren yang namanya sinergi..

Semoga kita dapat bersinergi dalam kebaikan..😀

2 Komentar

Comments RSS
  1. Ajeng

    keren….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: