Aku Ingin Seperti Helium..

· Inspirasi dari Alam

Nah lho.. Ada apakah dengan helium..?

Hmm.. Btw kalian sudah tau apa itu helium? Nah, coba deh searching dulu info2 tentang helium. (gamau jelasin detail.. ntar jadinya kuliah kimia lagi.. :D)

Semangat ini bermula dan lagi2 muncul dari kuliah Mekanika Kuantum. Beneran, itu matkul membuat aku jatuh cinta. Keren banget. Pelajaran fisika modern yang selama ini dipelajari akhirnya terjawab dan dicerahkan dengan hadirnya Mekanika Kuantum bersama Pak Herbert ini. Tadi pagi, kami membahas tentang Energi Osilasi harmonik yang dimiliki oleh partikel. Seperti tulisan saya sebelumnya, bahwa elektron tak pernah diam, dan ternyata ini berlaku untuk partikel2 lain. Tau dari mana? Ya, menurut teoritis, energi yang dimiliki oleh si partikel tidak akan pernah nol. Itu artinya partikel tak akan penah diam.

Terlebih dengan unsur yang satu ini, Helium. Aku ingin sekali menjadi seperti helium. Sangat sulit membuatnya tidak bergerak. Di bumi saja, gas helium sangat sedikit. Jauh lebih sedikit dibandingkan oksigen apalagi nitrogen. Selain sulit dicari, helium ini sulit untuk dikumpulkan. Untuk menjadikan gas helium menjadi cair, dibutuhkan suhu sekitar 4,2 K (-268,8 derajat celcius)..!! Bayangkan teman2. Suhu 0 derajat Celcius saja air sudah membeku. Apalagi -268,8 celcius? Katanya sih kalau kita kena helium cair, langsung menjadi crispy tuh tubuh kita.. Langsung retak bro.. !!

Nah, tau sendiri kan. Yang namanya cairan, molekulnya masih bergerak agak bebas, walaupun ga sebebas gas. Kalau padatan, molekulnya paling sedikit geraknya. Nah, si helium cair, dimana pada suhu segitu teman2nya sudah membeku, tetapi helium ini tetap mampu mempertahankan dirinya menjadi cairan yang masih bebas bergerak. Dan tahukah teman2 berapa suhu yang dibutuhkan untuk memadatkan helium..?? Hmm.. rendah banget fren.. Atau bisa juga dengan teknik kompresi. yaitu memberikan tekanan kepada si helium cair sebesar 25 atm atau sama dengan 25 kali lebih besar dibanding tekanan kita biasanya. Weeeiiitzzz… Manusia langsung mati tu..

Nah, itulah yang membuatku kagum. Keistimewaannya dibandingkan unsur yang lain, dia mampu tetap bergerak walau dalam kondisi kritis dan ekstrim sekalipun. Ya, aku ingin menjadi seperti helium yang tak mudah untuk diberhentikan. Se-ekstrim dan sekritis apapun kondisinya aku akan selalu bergerak.

I Like a Moving..Moving..!!! (gaya madagaskar😀 )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: