Si Elektron yang Amanah..

· Inspirasi dari Alam

Dapat cerita dari anak fisika medis yang ambil matkul Radiologi dan Dosimetri. Katanya, kita bisa belajar tidak korupsi dari elektron. Yup, masih meneruskan kajian tentang elektron dan filosofinya dengan kehidupan. Kalau kemarin saya membahas tentang elektron yang tak pernah diam, maka sekarang hal yang akan dibahas adalah bagaimana elektron amanah terhadap apa yang diberikan.

Ada yang mengetahui bahwa elektron memiliki tingkat energi tertentu? Ini pertama kali diajukan oleh Niels Bohr. Dengan atom hidrogennya, dia mengusulkan bahwa elektron memiliki suatu tingkatan energi dan dia bisa melakukan emisi dan absorpsi. Emisi terjadi ketika si elektron turun ke level energi dibawahnya. Energi yang dihasilkan, merupakan selisih dari tingkat energi.  Yaitu deltaE = hf, dimana delta E adalah energi radiasi yang dihasilkan, h adalah konstanta Planck, dan f adalah frekuensi radiasi. Kemudian absorpsi akan terjadi jika elektron naik ke level energi diatasnya karena dikenai cahaya (gelombang elektromagnetik) yang sesuai dengan selisih tingkat energi tersebut (delta E = hf)

Nah, si elektron ini benar2 amanah. Saat diberi gelombang yang pas energinya untuk naik ke level selanjutnya, maka dia akan naik. Sesuai amanah yang diberikan. Dan karena sejatinya itu bukan tempatnya, maka dia akan kembali turun ke ground state (tempat awalnya). Hal ini merupakan hukum alam, teman2. Saat di ground state, elektron akan lebih stabil. Dan karena awalnya dia diberikan energi untuk naik level, dan tetapi dia malah kembali ke asalnya, maka si elektron ini akan mengembalikan semua energi yang tadi diberikan kepadanya. Nah, hasilnya adalah radiasi elektromagnetik. Energinya, ya sesuai dengan apa yang diberikan. Ga kurang dan ga lebih. Pas deh pokoknya..

Powerful..!!!

Elektron saja begitu amanah dan ga korupsi.. Masa’ manusia kalah sama makhluk ukuran femto ini..

^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: