Bergeraklah! Si Elektron Saja Tak Pernah Diam..

· Inspirasi dari Alam

Mata kuliah mekanika kuantum membuatku semakin cinta dengan fisika. Betapa tidak, di sana ku temukan berbagai filisofi kehidupan yang begitu dahsyat. Kali ini aku ingin berbagi tentang elektron. Yup, jika diceritakan sedikit. Teori bahwa elektron seharusnya bergerak melingkar mengelilingi inti atom dikemukakan oleh Niels Bohr dalam postulatnya. Agar atom stabil, maka elektron harus bergerak dengan kecepatan tertentu. Dan kemudian dijelaskan secara matematis oleh Schrodinger. Ada yang tau persamaan Schrodinger?? Ya begitulah, persamaan yang cukup komplek sih.. Dan sampai saat ini persamaan itu masih berlaku. Bahkan teknologi2 canggih yang sekarang ada, berkat adanya persamaan itu. (Penjelasannya bisa panjang nih..mata kuliah satu semester.. ^^..)

Nah, yang mau dibagi sekarang adalah, dari persamaan tersebut didapatkan bahwa energi dari elektron tidak akan pernah nol. Dan itu berarti bahwa elektron akan selalu bergerak atau tidak pernah diam. Melalui postulat Bohr saja diketahui bahwa jika si elektron diam, maka ia akan jatuh ke inti karena ada gaya elektrostatis dan atom pun akan hancur. Bayangkan, alam saja mengajarkan kita seperti itu. Elektron yang ukurannya orde femto (10^-15 meter) sudah memberikan kita pelajaran bahwa tidak bergeraknya kita akan menyebabkan kehancuran. Hey, fren.. Gimana dengan dirimu?? Masa’ gamau bergerak alias mager (malas gerak)..??

Masih ingat dengan Surat Asy-Syarh (Al Insyiroh) ayat 7..??

“Maka apabila engkau teleh selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain).”

Sebagian mufasir menafsirkan apabila engkau (Muhammad) telah selesai berdakwah maka beribadahlah kepada Allah.; apabila engkau telah selesai melaksanakan urusan dunia maka kerjakanlah urusan akhirat dan ada lagi yang mengatakan “Apabila telah mengerjakan shalat maka berdoalah”. Wallahu a’alaam..

So, Bergeraklah! Si Elektron Saja Tak Pernah Diam..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: