Reformasi Sepakbola dan Martabat Bangsa

· Tulisanku

Sebuah materi yang sangat menarik di tengah perhelatan Sepakbola yang kini kian menarik. Disampaikan oleh Pak Arifin Paniogoro, seorang pengusaha sukses Medco Group dan salah seorang penggagas Liga Primer Indonesia (LPI).

Apa hubungannya sepakbola dengan martabat bangsa? Jelas, sepakbola telah menyedot banyak perhatian. Sebut saja saat Piala Dunia di Afrika Selatan kemarin. Milyaran orang menatap penuh pertandingannya. Semua orang memperhatikan. Bahkan menjadi bahan perbincangan selama kegiatan tersebut berlangsung. Siapa yang menang, dialah yang mendapat harga diri. Sebuah penghargaan prestisius, dengan uang yang menggiurkan pula. Sepakbola telah menjadi industri bisnis yang sangat potensial. Banyak orang berlomba untuk mendapatkan keuntungannya.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia.? Bagaimana dengan persepakbolaan Indonesia.? Saya yakin kalian lebih memahaminya. Bagaimana kualitas dari sang pemain dan manajemen sepakbolanya.

Sebuah solusi yang ditawarkan untuk sepakbola Indonesia adalah:

1. Pembinaan sejak dini. Pembiasaan dan pelatihan sejak dini memang sangat penting. “Alah bisa karena biasa” mungkin itulah yang tepat untuk mengungkapkan pentingnya pembinaan sepakbola sejak dini. Anak-anak dibiasakan bermain bola, sehingga nantinya saat remaja bisa masuk ke tim usianya dan bisa menjadi Jagoan Lapangan saat dewasanya. Lihat saja para pemain sepakbola terkenal dunia. Sejak umur berapa mereka dilatih?

2. Penerapan sport science. Bukan sekadar kerja keras, tapi juga kerja cerdas. Permainan sepak bola pun harus diatur dengan teknik2 ilmiah. kemudian bagaimana nutrisi sang pemain, bagaimana agar bisa tetap oke di saat cidera, itu semua perlu ilmu. Disinilah diperlukan yang namanya sport science.

3. Pengelolaan liga profesional yang mandiri. Tidak lagi bergantung kepada pemerintahan. Bahkan, dana yang dihabiskan untuk sepakbola tidak main2. Namun, kalau hasilnya akan dikorup, mau dibawa kemana sepakbola ini? Dan LPI sebagai sebuah jawaban dari itu semua.

4. Pembenahan organisasi PSSI. Manajemen yang bagus akan memberikan hasil yang bagus pula. Oleh karena itu, pembenahan PSSI harus dilakukan.

5. Pembentukan TIMNAS yang matang. Diawali dengan pelatihan dst, hingga terbentuklah TIMNAS yang siap berlaga di tengah medan perjuangan, mempertaruhkan nama negaranya di mata dunia.

Semoga sepakbola Indonesia maju ke tingkat dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: