Bagi yang mau PDKT, Wajib Baca Ini..

· Tulisanku

Hmm… Dari judulnya sudah mencurigakan..

Sambil nebak2 siapa ya yang bakalan baca dan komen.. (hhee…^^)

Judulnya aja dah provokatif banget..

Hayo ngaku.. siapa yang lagi PDKT dengan seseorang..???

Nah, Sob.  Ini adalah oleh2 buat kalian dari pelajaran psikologi singkat yang ane ikutin seharian ini.

Silakan dinikmati, dipahami dan langsung diaplikasikan.

Bahasan di bawah ini seputar tipologi manusia,, atawa tipe2 seseorang.

Apa pentingnya??

Siapa sih yang ga mau kenal lebih mendalam dengan seseorang.. ??

Siapa sih yang ga mau bisa dekat dengan orang lain..??

Siapa sih yang ga mau menjalin hubungan dengan baik dengan seseorang..??

Nah buat nt nih sebagai DAI yang notabene kerjaannya mendakwahi (yang pasti ke orang juga..masa’ ke kucing tetangga.. ^^). Butuh banget pengetahuan tentang tipe seseorang. Gimana nih cara mendekati ODF (Objek Dakwah Fardhiyah) kita agar bisa nempel gitu. Kan jadi gampang buat ‘mencuci otak’ nya. (hhee.. jangan mau kalah dengan NII boy..)

Eh, ternyata muqaddimahnya dah cukup panjang ya.

Okelah .. Langsung Check it out..!!!

Sejarahnya:

Diawali dengan konsep Empedodes, 444 S.M : Katanya nih, seseorang itu kayak 4 elemen di dunia.. inget avatar kan, ada Api yang semangat, Udara yang menyegarkan, Air yang menghanyutkan dan Bumi yang akomodatif. Itu jadul banget.

Nah, yang ampe sekarang masih ‘agak’ dipakai adalah konsepnya pak Hippocrates, 400 S.M : Yang ini pasti dah ga asing lagi,, Masih inget dengan kolerik, sanguinis , plegmatis dan melankolis kan. Nah, kayaknya sih nt pada dah paham nih (kalo ga paham tanya ane aja dah)

Lanjut ke Pak Carl. G Jung, 1921. Masih ada 4 kutub juga. Ada extrovert, introvert, thinking and feeling. I guess you have known it.

Kemudian konsep empat kutub di atas dikembangkan lagi oleh bang William moulton Marston 1928.. bisa disingkat DISC.

D: Dominant: Extro + Thinking

I : Influence : Extro + Feeling

S: Steady : Intro + Feeling

C : Compliance : Intro Thinking

Konsep DISC ini bukanlah kepribadian, jadi ini adalah tingkah laku dari seseorang yang di antara kepribadian dan lingkungannya. Jadi bisa lah berubah sesuai kondisi.

Dari penjelasan di atas nyambung ga??

Oke deh, ane coba untuk menjelaskan.

D :

Orang yang kayak gini nih, suka nanya, suka banget melihat hasil, ngasih keputusan dan arahan. Kerjaannya tuh ngatur aja. Pemimpin banget deh. Biasanya kamar si doi berantakan. “Ga biasa ah ngerjain yang sepele. Kalo ada orang lain yang ngerjain ngapain ane yang ngerjain. Mending ane ngerjain hal yang lebih penting dan wah.” Trus kalo foto sukanya majang yang lagi sendiri, mimpin demo, atau foto dengan orang besar. Doi tuh mencari kontrol. Makanya, kasih aja dia amanah jadi ketua. Ketua panitia, ketua acara, ketua tim, apapun deh, yang penting dia bisa ngontrol. Doi bakalan seneng banget. Dalam mencari lingkungan kerja, doi mencari kesibukan dan hal yang formal. Termotivasi banget kalau adanya prestasi. Bakalan dipajang di kamar tuh semua sertifikat.. (lebay mode: on)

I :

Lebih suka menerima, fokus pada diri sendiri , antusias dalam mengerjakan sesuatu dan suka popularitas.Rada cuek, tapi optimis banget. Nah, dia tuh entertaint banget lah. Kalo mau lihat fotonya, dia selalu pajang foto bersama teman2nya. Pokoknya dia mau menunjukkan bahwa dia diterima di segala tempat. Suka banget jalan2. Doi ini, suka mencari pengakuan. Jujur ya, si doi tuh suka banget dipuji, diakui keberadaannya. Makanya, kalau punya ODF kayak gini, sering2 tuh perhatiin apa sih perubahan dia hari ini, trus apresiasi deh. Nah, dia suka banget tuh. Si doi bakalan meningkatkan kualitasnya. Bakal jadi lebih baik lagi. Yakin deh, kalo dia merasa diakui, dia bakalan denger apa yang kamu bilang. Doi tuh suka kerja di lingkungan yang membuat dia terstimulasi, personal dan ramah. Termotivasi kalau ada pengakuan. Dia lebih fleksibel dan berwarna tuh hidupnya. Asyik dah..

S:

Sama. Lebih suka menerima. Dia mah fokusnya sosial. Yang penting orang seneng lah. Kerjasamanya bagus tuh dan sabar. Nah, ini bagusnya jadi staf, karena bisa mengimbangi si D yang tukang nyuruh2. Sang S ini bakalan nrimo2 aja dah. Gampang simpati dengan orang dan accomodating. Pokoknya yang penting aman terkendali. Dia tu suka banget kalo dia diterima di suatu komunitas. Doi paling suka kalau tidak dibeda2kan, pokoknya kalau kamu bisa mendekati si S ini, yakin deh kamu bakalan jadi sahabat setianya. Karena doi tuh ga banyak sahabat, dia bakalan milih siapa aja yang bisa menerima dia apa adanya. Sensitif banget sist.. (hati2..) Dia mencari lingkungan yang personal, tenang dan ramah.. Orangnya suka banget yang stabil2 aja (jangan pernah memberikan kejutan ya pada doi.. ga suka perubahan mendadak,, bakalan shock berat..)

C :

Suka nanya dia. Fokusnya pada proses. Perfeksionis, sistematik.. serem dah dengan dia.. Yang ditanya masalah trus (kalo kata Trainernya mukanya qodhoya trus). Dia tuh orangnya detail.. pas.. segalanya bakalan direncanakan. Nah, ni orang suka mencari akurasi. Bakalan kecewa banget tuh kalau dikritik, karena doi perfeksionis banget, ga mau ada satu pun yang salah dari orang lain apalagi dirinya. Nah, hati2 nih kalau dengan doi. Kalau mau kritik liat2 dulu. Jangan sampai nt membuat dia terkesan ‘salah’.  Dia mencari lingkungan yang terstruktur, rapi terorganisasi. Semuanya dipersiapkan matang2. mantab bener dah doi yang satu ini. Orangnya sangat menjunjung tinggi kebenaran.

Nah, dari mengenal tipe seseorang itu, kalau mau DF sesuaikan tuh dengan mereka.. ga semua orang bisa dikerasin, ga semua orang bisa dijadiin bawahan, tiap orang beda2 boy.. kalau dah kenal siapa nih ODF kita, tipenya apa nih.. nah susunlah strategi gimana caranya bisa mendekatkan diri, dan mempengaruhi tu orang..Jangan sampai salah ambil tindakan ya.. Dan biasanya orang punya dua tipe campuran.. nah.. disesuaikan juga tuh..

Oia.. bisa juga nih dipakai buat nyari calon pendamping.. ^^.. sesuaikan aja dengan tipe2nya.. Tapi, tetap ya, dien adalan no satu yang menjadi indikatornya.. urusan tipe2 ini gampanglah.. bisa diatur dan adaptasi..

Selamat diaplikasikan.. ^^..

Selamat membina..

Dan Selamat merekrut sebanyak2nya…

Ingat.. Nahnu du’at qabla kulli syai’… Semoga bermanfaat…^^..

2 Komentar

Comments RSS
  1. zia

    weesssss, manteeeppp. keran jaa ! -_^ kebetulan sanguinis koleris melankolis dan segala jenis tipe2 itu jadi karya tulis sebagai syarat kenaikan kls wktu kelas 2 SMA😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: