Baca Al-Qur’an yuk…^^

· Islam, Tulisanku

Hampir semua muslim memiliki mushaf Al-Quran di rumahnya. Namun, apakah semua membacanya setiap hari?  Coba renungkan itu kawan..  Setebal apa debu yang menempel di mushaf Al-Quran mu karena tidak pernah diambil dari rak buku, bahkan memegang saja tidak. Apakah lembaran-lembarannya masih rapi tak pernah tersentuh? Astaghfirullah..

Apa yang menjadi penghalangmu untuk membacanya?

Sibuk dengan segala kegiatan sehingga menomorsekiankan untuk membaca ayat-ayat cinta-Nya yang begitu indah dan dapat menggetarkan hati seorang mukmin itu??

Wah.. Berarti kamu harus mengetahui keutamaan –keutamaan membaca Al-Quran nih..

Thoyib, ada beberapa hadits tentang keutamaan membaca Al-Quran yang bisa memberikan kamu motivasi untuk giat dan semangat membaca Al-Quran..

1. Memberi syafa’at pada hari kiamat

Subhanallah., ternyata Al-Qur’an itu bisa menolong kita nanti pas hari kiamat.. Tetapi pertolongannya hanya diberikan kepada orang-orang yang membacanya.

Sesuai dengan hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa salaam: “Bacalah Al-Qur’an, sesungguhnya ia pada hari kiamat akan datang menolong pembacanya.” (H.R Muslim)

2. Merupakan amal terbaik

Siapa yang tidak ingin menjadi orang yang paling baik???  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salaam bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (H.R Al-Bukhari)

3. Mendapat derajat yang tinggi

Orang yang membaca Al-Qur’an dengan mahir akan bersama-sama malaikat yang mulia lagi taat.” (H.R Al-Bukhari dan Muslim)

Ayo.. Siapa yang mau bersama malaikat yang mulia dan taat??? Kesempatan emas nih…

4. Mendapat sakinah dan rahmat

Tidak berkumpul suatu kaum di salah satu rumah Allah untuk membaca dan mempelajari Al-Qur’an, kecuali turun atas mereka sakinah dan rahmat serta diliputi oleh malaikat serta Allah sebut di hadapan (malaikat) di sisi-Nya.” (H.R Muslim)

Subhanallah, dahsyat..!!!

5. Mendapat sebaik-baik anugerah

Yang tak kalah dahsyat, dalam hadits Qudsi, Allah berfirman, “Siapa yang sibuk dengan Al-Qur’an dan dzikir dari meminta pada-Ku akan Ku beri sebaik-baik pemberian Ku kepada orang-orang yang meminta dan kelebihan kalam Allah subhanallahu wa ta’ala atas kalam lain seperti kelebihan Allah atas makhluk-Nya.” (H.R At-Turmudzi)

Bagaimana kawan? Apakah masih malas untuk membaca Al-Qur’an?

Masih kurang motivasinya?

Nah,, masih ada nih dalil naqlinya..

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman:
Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah swt dan mendirikan sembahyang dan menafkahkan sebagian dari rizki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengaan diam-diam dan terangterangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi. Agar Allah swt menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari anugerah-Nya. Sesungguhnya Allah swt Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.(QS Fathiir 35:29-30)


 

Malu ah.. aku kan belum bisa lancar membaca Al-Quran…

Eitsss… Jangan berpikir seperti kawan..

Tenang… masih diberikan pahala kalau membacanya belum lancar… Baca hadits di bawah ini..

Orang yang membaca Al-Qur’an sedangkan dia mahir melakukannya, kelak mendapat tempat di dalam Syurga bersama-sama dengan rasul-rasul yang mulia lagi baik. Sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an, tetapi dia tidak mahir, membacanya tertegun-tegun dan nampak agak berat lidahnya (belum lancar), dia akan mendapat dua pahala.” (Riwayat Bukhari & Muslim)


 

Nah.. Rasulullah juga memberikan perumpamaan.. Kamu tergolong yang mana ya???

Perumpamaan orang mukmin yang membaca Al-Qur’an adalah seperti buah Utrujjah yang baunya harum dan rasanya enak. Perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca Al-Qur’an seperti buah kurma yang tidak berbau sedang rasanya enak dan manis. Perumpamaan orang munafik yang membaca Al-Qur’an adalah seperti raihanah yang baunya harum sedang rasanya pahit. Dan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca Al-Qur’an adalah seperti hanzhalah yang tidak berbau sedang rasanya pahit.” (Riwayat Bukhari & Muslim)


 

Masih ada lagi nih hadits tentang keutamaan membaca Al-Qur’an.. Dibaca ya…

Sesungguhnya Allah swt mengangkat derajat beberapa golongan manusia dengan kalam ini dan merendahkan derajat golongan lainnya.” (Riwayat Bukhari & Muslim)

Tidak bisa iri hati, kecuali kepada dua seperti orang: yaitu orang lelaki yang diberi Allah swt pengetahuan tentang Al-Qur’an dan diamalkannya sepanjang malam dan siang; dan orang lelaki yang dianugerahi Allah swt harta, kemudian dia menafkahkannya sepanjang malam dan siang.(Riwayat Bukhari & Muslim)

Sesungguhnya orang yang tidak terdapat dalam rongga badannya sesuatu dari Al-Qur’an adalah seperti rumah yang roboh.” (Riwayat Tirmidzi)


Dan yang paling mencengangkan.. ternyata…

Barangsiapa membaca satu huruf Kitab Allah, maka dia mendapat pahala satu kebaikan sedangkan satu kebaikan dibalas sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim satu huruf, tetapi Alif, satu huruf dan Lam satu huruf serta Mim satu huruf.” (Riwayat At-Tirmidzi)

Wiihh…  Super Dahsyat..!!! ternyata pahalanya dihitung per huruf..!!! Basmalah saja ada 19 huruf, kalau kita baca satu ayat sudah berapa huruf tuh?? Apalagi kalau satu lembar, atau satu juz, bahkan hingga khatam.. Wah…. Banyak yang akan didapat nih… Mau..???


So, Let’s Reading Quran ..!!!

Kalau kata Aa’ Gym, mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kita bisa, dan mulai dari sekarang…

Yo… Tunggu apa lagi..??!!


(dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: