Mau Dibawa Kemana Liburan Kita..??

· Tulisanku

Subhanallah.. tidak terasa (atau mungkin ada juga yang merasa) kita akan mengakhiri semester genap ini..

Itu apa artinya kawan..??

Yuphzz.. Kita akan mengalami liburan yang lama..

3 bulan sob, kita akan libur dari aktivitas perkuliahan… (kecuali yang ikut SP)..

So, pertanyaannya adalah… Mau dibawa kemana liburan kita..?

Jangan sampai waktu luang yang ada menjadi waktu yang sia-sia bahkan merugikan bagi kita…

Ingat.. Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam telah bersabda, “Dua kenikmatan yang kebanyakan manusia tertipu di dalamnya; Yaitu kesehatan dan waktu luang”. (HR. Imam al-Bukhari).

Imam Ibnu al-Qayyim rahimahullah juga pernah menggambarkan tentang kehidupan, “Tahun adalah ibarat pohon. Bulan adalah cabang-cabangnya. Hari-hari adalah dahan-dahannya. Jam adalah daun-daunnya. Nafas-nafas adalah buahnya. Maka barangsiapa yang tarikan nafasnya berada dalam ketaatan, maka buahnya adalah pohon yang berbuah baik. Dan barangsiapa yang tarikan nafasnya berada dalam kemaksiatan maka buahnya adalah pohon yang buahnya pahit rasanya.” Maka, buah apakah yang kalian inginkan?

( Hayyo.. mau pilih yang manis atau yang pahit..?)

Nah itu dia…

Oleh karena itu, manfaatkan waktu luang (liburan) kita dengan sebaik-baiknya..

Ada sedikit saran nih.. bagaimana mengisi waktu liburan agar menghasilkan dan bermanfaat…

1. Mengevaluasi hasil yang telah dicapai dan merancang strategi untuk semester selanjutnya

Bermuhasabah lah. Sudah sampai target belum IPnya..?  Kurang dimana..? Dan apa langkah selanjutnya..?

Dari sekarang rencanakanlah mata kuliah apa yang mau diambil.. Mau ambil semester pendek atau tidak..

Tentukan strategi belajarnya matang-matang (jangan sampai hangus ya.. =D)..

Ayo.. Tanamkan tekad yang kuat bahwa semester selanjutnya harus lebih baik dari pada semester sebelumnya..

Get the 4..!!! (Mampukah kita?)

2. Berwisata Ria

Hhe… Refreshing dikit…

“Hindari kepenatan, sesaknya kehidupan peradaban yang melelahkan..” (JV_jalan-jalan)

Tubuh kita butuh istirahat juga bro.. Jiwa kita perlu hiburan sist.. Otak kita juga perlu oksigen..

Nah.. kalian bisa pilih tempat wisata yang sesuai dengan kebutuhan…

Mau ke kota lain? Negara lain? Atau dunia lain? (widiihh…)

Sok atuh dipilih…

3. Memanfaatkan hobi kamu, terus dikembangkan, mungkin saja akan menghasilkan uang

Tepat sekali, liburan memang saatnya untuk mengembangkan hobi, menjadi suatu keterampilan tersendiri dari kamu. Misalnya yang hobi baca, tambahkan persediaan waktu untuk membaca. Biar ilmu dan wawasannya bertambah. Setelah itu, apa yang telah kamu baca coba ditulis ulang dengan kata-katamu. Nah, dengan itu kamu bisa belajar menulis dan mengirimkan tulisanmu ke majalah atau media cetak lainnya. Kalau tulisannya diterima, upahnya lumayan juga lho..

Atau, kamu yang hobinya olahraga. Kembangkan terus kemampuanmu, ikut perlombaan apa gitu, kalau dapat hadiah, Alhamdulillah..

Mungkin yang suka masak, jahit, atau apapun hobi kamu, coba berpikir kreatif. Segala hobimu bisa menghasilkan uang lho..

(kalau hobinya tidur bisa menghasilkan uang juga gak ya..??)

4. Silaturahim euy..

Nah hari libur juga bisa dijadikan hari dimana kita bisa bertemu dan mengunjungi keluarga, saudara, atau bahkan teman lama. Buat reunian juga boleh. Seru tuh.. Bisa bernostalgia dengan teman-teman. Ingat, kata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, silaturahim itu bisa memperpanjang rizqi dan usia kita. Subhanallah.. Nikmatnya bersilaturahim.

5. Kerja Part Time

Nah, bagi kamu yang ingin menjadikan liburan sebagai mesin pencetak uang, menjadi pekerja part time merupakan salah satu solusinya. Teman-teman saya banyak yang mendaftarkan diri untuk menjadi penjaga stand di PRJ nanti. Wah.. lumayan nih buat mengisi dompet.

Ternyata libur bisa menghasilkan uang juga.

6. Ikut berbagai kepanitiaan (terutama penyambutan MaBa).

Bagi kamu yang hobinya berorganisasi, pasti tidak akan melewatkan liburan ini. Bahkan ada yang merelakan untuk tidak pulang kampung demi menyelesaikan amanah di kampusnya. (widiihhh.. Good job fren (“o” )b ..)

Semoga tidak ada amanah yang terlalaikan ya..

Kontribusi terus sob..!!

7. Ini yang paling penting..

Beraktivitas tanpa ruhani yang menyala pasti akan melelahkan.

Oleh karena itu fren, liburan bukan hanya dimanfaatkan untuk kegiatan duniawi saja. Ruhaninya juga direcharge dong..

Bagaimana caranya?

Banyak yang bisa dilakukan. Bersihkan dulu hatimu, luruskan niat, kuatkan tekad untuk menjadi muslim yang lebih baik..

Ibadahnya bisa ditingkatkan lagi kualitas dan kuantitasnya.

Yang wajib jangan bolong-bolong ya.. Yang sunnah, ayo lebih semangat lagi untuk melakukannya..!!!

Owh,,, jangan lupa. Ilmu syar’i (ilmu agama)nya jangan terlupa. Banyak baca buku tentang itu, ikut kajian, mentoring atau liqonya juga jangan sampai tertinggal. Walaupun liburan, ibadahnya tidak akan libur kawan..

Kalau langit ada 7 lapis..

Nah.. Saran yang saya berikan hanya 7 point. Kamu bisa mengembangkan sendiri kira-kira apalagi yang bisa dilakukan selama liburan.

Jangan hanya dibaca…

Coba dilakukan dong..

Insya Allah akan merasakan manfaatnya..

Ingat 3M-nya Aa Gym..

Mulai dari diri sendiri

Mulai dari orang lain

Mulai dari sekarang..!!!

So, kalau ditanya “Mau Dibawa Kemana Liburan Kita?”

Jawabannya adalah “Kemana Aja Boleh, Asal Bermanfaat dan Menghasilkan…”

SemangKA..!!!

P(‘o’)

(Semangat Karena Allah)*

*) kutipan dari sang sohib.

2 Komentar

Comments RSS
  1. kolomkiri

    hahahah lucu kali artikelnya…salam satu jiwa aja deh, hee..

    • physicsfighter

      apanya yang lucu???

      terserah mau lucu atau tidak, yang penting bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: